Kunci Sukses Menjadi Guru Berprestasi

Kunci Sukses Menjadi Guru Berprestasi

Resume
Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan-3: 12 April 2020 (19:00 - 21:00)
Narasumber: Bapak Encon Rahman

Sukses tidak akan didapatkan secara instan namun harus melalui usaha dan doa. Hal tersebut telah dipraktekkan oleh Bapak Encon Rahman. Beliau adalah seorang guru berprestasi tingkat Nasional yang berasal dari Majalengka, Jawa Barat. 
Bapak Encon Rahman menyampaikan bahwa ajang lomba guru berprestasi merupakan sebuah ajang lomba untuk para guru yang dilaksanakan tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia internasional. Di Indonesia sendiri, ajang lomba ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan ajang lomba yang bergengsi. Hal ini dikarenakan lomba guru berprestasi memberikan penilaian kepada guru secara komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor. Hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi.
Penilaian dalam lomba guru berprestasi terdiri dari 7 M, yaitu: mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengajar, dan mengevaluasi. Hal tersebut menunjukkan keprofesionalan seorang guru. Pada sisi lain pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA diantaranya memiliki tujuan, yaitu:
1. Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi
2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya
3. Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan
4. Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.
Prestasi Bapak Encon Rahman dalam ajang lomba guru berprestasi pada tahun 2016 sangatlah baik. Beliau menjadi juara 1 tingkat nasional dan mewakili Indonesia dalam ajang internasional sebagai  guru terbaik Indonesia pada tahun 2017 dari negara Thailand, yakni penghargaan princess maha chakri awards (PMCA). Beliau menyampaikan bahwa menjadi guru prestasi itu tidaklah mustahil. Predikat guru berprestasi tingkat nasional dapat mudah didapat dengan usaha yang dilakukan sejak awal, tidak serta merta. Hal awal yang dapat dimulai untuk memperoleh predikat tersebut adalah dengan mengikuti ajang lomba kompetensi guru yang banyak diadakan, seperti: Inobel, OGN, dan sebagainya. 
Namun, hal yang paling penting dalam kesuksesan tersebut adalah (1) amalan batiniah, dan (2) amalan lahiriah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha dan doa harus tetap berjalan beriringan untuk meraih suatu kesuksesan. 

Anny Rochmayanti
SD N Wonosari I




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Buku dalam Seminggu

Bahasa terbaik untuk anak

Liburan