Menulis di Blog dengan Tulisan Menarik dan Kreatif

Menulis di Blog dengan Tulisan yang Menarik dan Kreatif

Resume 
Belajar Menulis Gelombang 9
Pertemuan ke-1 : 10 April 2020 (19:00-21:00)
Narasumber: Bapak Agus Sampurno

Menulis merupakan suatu keterampilan yang sebaiknya dimiliki oleh semua guru. Namun, memulai sebuah tulisan bukanlah sesuatu yang mudah untuk sebagian guru. Bahkan ada beberapa guru yang kesulitan serta tidak memiliki kemampuan menulis yang cukup baik. Yang perlu disadari, menulis sebenarnya merupakan suatu keterampilan yang dapat dilatih asalkan memiliki keinginan, kemauan, dan keuletan dalam berlatih. Sehingga, yang diperlukan oleh seorang guru untuk dapat menulis dengan baik adalah berlatih dan terus berlatih serta mempelajari ilmu dalam menulis. Dengan demikian, sesuatu yang dia tulis akan menjadi suatu tulisan yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.
Dalam kegiatan belajar menulis lewat WA yang dilaksanakan, Bapak Agus Sampurno memberikan trik dalam menulis di blog sehingga tulisan dalam blog tersebut menjadi sebuah tulisan yang menarik dan kreatif. Hal penting dan paling utama yang harus dilakukan adalah mengembangkan ide. Menurut Bapak Agus, mencari ide bukanlah merupakan hal yang sulit. Mencari ide merupakan hal yang mudah dilakukan, namun mengembangkan ide tersebut menjadi tulisan yang menarik dan kreatif bukanlah hal yang gampang. Bahkan, ada beberapa penulis pemula yang pada akhirnya merasa jenuh serta bosan dengan tulisannya.
Menurut Bapak Agus, terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh penulis pemula, diantaranya:
1. Penulis pemula berperan sebagai peran utama yang menceritakan dirinya sendiri, sehingga tidak menuntaskan tulisannya pada pokok permasalahan dan pemberian solusi
2. Penulis pemula tidak melakukan pengecekan tulisan yang dilakukannya sendiri, sebelum memposting tulisannya
3. Tulisan yang dibuat oleh penulis pemula terlalu panjang dan memiliki banyak ide di dalamnya, sehingga penulis tidak fokus dalam tulisannya karena hal tersebut merupakan suatu keterbatasan, terutama dalam postingan internet. Hal ini disebabkan karena internet merupakan salah satu sumber informasi yang akan menjadikan tulisan yang panjang dan luas tidak akan dibaca oleh orang lain.
Sebagai contoh, seorang penulis pemula akan membuat tulisan tentang sesutu yang sedang menjadi pembicaraan/trending topic saat ini, yaitu pembelajaran jarak jauh. Dalam menulis topik tersebut, seseorang dapat menulisnya dengan 3 perspektif, yaitu:
1. Persepektif sebagai pendidik yang merasa dirinya sukses. 
Penulis ini akan menceritakan bagaimana dirinya sukses dalam mengampu pembelajaran online dengan menceritakan kesehariannya dalam mengajar secara online. Dapat terjadi pula, ia lupa banyak pendidik diluar sana yang masih berjuang mengatasi kendala.
2. Perspektif sebagai pendidik yang menyalahkan orang tua siswa yang kurang sigap mendampingi anaknya dalam pembelajaran jarak jauh.
Penulis ini akan menceritakan tentang tugas-tugasnya dibarengi dengan kekurangsigapan orang tua dalam mendampingi anaknya. Lebih lagi, ia akan menceritakan kelemahan orang tua.
3. Perspektif pendidik yang mencoba memberikan jalan keluar berdasarkan pengalamannya. 
Penulis ini akan berperan sebagai seorang penulis yang memberikan pertimbangan, tips dan trik bagi kedua belah pihak, bagi orang tua siswa dan guru.
Selanjutnya, setelah seseorang belajar menulis, ada beberapa tips yang membuat sebuah tulisan menjadi banyak dibaca oleh pembaca. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat judul dan isi tulisan yang mengandung unsur dibawah ini:
1. You (Dirimu): Menceritakan penulis sebagaimana dirinya.
2. Free (Bebas): Membebaskan diri dari masalah 
3. New (Baru): Menunjukkan sesuatu yang baru dlam tulisan
4. Now (Saat ini): Keefektifan solusi yang ditawarkan untuk kondisi saat ini
5. Secret (Rahasia): Menuliskan rahasia dari solusi yang ditawarkan.
Dengan demikian, untuk membuat tulisan yang menarik dan kreatif tidak bisa dilakukan secara instan dan spontan namun membutuhkan proses serta checking pada tulisan sendiri sehingga tulisan tersebut akhirnya layak untuk dibaca dan mampu menarik pembaca.

Anny Rochmayanti
SD N Wonosari I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Buku dalam Seminggu

Bahasa terbaik untuk anak

Liburan